Close ADS

DKISP

Diikuti 32 Desa dan Kelurahan, Pemda Banggai Gelar Lomba Penghargaan Tingkat Kabupaten

240
×

Diikuti 32 Desa dan Kelurahan, Pemda Banggai Gelar Lomba Penghargaan Tingkat Kabupaten

Sebarkan artikel ini

BANGGAI, Luwuktimes.id—Dalam memajukan sektor pembangunan Desa dan Kelurahan, Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai menyelenggarakan Lomba Desa dan Kelurahan tingkat kabupaten tahun 2024.

Lomba ini mengikutsertakan 9 kelurahan dan 23 desa, sebanyak 32 Desa dan Kelurahan dari 24 kecamatan.

Ajang ini telah dimulai penilaian sejak tanggal 2 Mei 2024 oleh Tim Penilai I dan Tim Penilai II.

Pada Hari keempat, Rabu (7/5/2024) Tim Penilai I mengunjungi Desa Tou di Kecamatan Moilong, Desa Sukamaju di Kecamatan Batui Selatan, dan Kelurahan Jole di Kecamatan Luwuk Selatan.

Sedangkan Tim Penilai II mengunjungi Desa Bumi Harapan di Kecamatan Toili Barat, Desa Marga Kencana di Toili Jaya, dan Desa Rusa Kencana di Kecamatan Toili.

Sambutan tertulis Bupati Banggai yang dibacakan oleh Plt Kadis PMD Kab. Banggai, Hasan Baswan M Dg. Masikki, S.STP., M.Si mengatakan, perlombaan ini adalah bagian dari rangkaian evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang dikenal sebagai Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (EPDesKel).

Baca:  Audiensi dengan SKK Migas, Bupati Banggai Amirudin Sukses Dorong PI 10 Persen

“Salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam memantau perkembangan desa dan kelurahan adalah melalui kegiatan perlombaan desa dan kelurahan yang sebelumnya diawali dengan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kekuaran (EPDesKel),” ujar Hasan Baswan saat mengunjungi wilayah lomba bersama Tim Penilai I.

Sesuai dengan Permendagri No. 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, terdapat tiga Kategori desa dan kelurahan yaitu Desa dan Kelurahan Cepat Berkembang, Desa Kelurahan Berkembang, dan Desa dn Kelurahan Kurang berkembang.

Tujuan dari terselenggaranya lomba ini yaitu

  1. Mengetahui capaian yang ada di desa dan kelurahan selama kurun waktu dua tahun terakhir dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat desa dan kelurahan pada aspek penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan kewilayahan dan pembinaan kemasyarakatan.
  2. ⁠Sebagai wahana apresiasi berupa penghargaan dari pemerintah daerah dan pusat kepada pemerintah desa dan kelurahan atas apresiasi yang dicapai dalam memajukan desa dan kelurahan.
Baca:  Ini Alasan Bupati Amirudin Melunasi Pajak di Tiga Desa

Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Banggai, Ir. Hj. Syamsuarni Amirudin, SE., MM yang juga merupakan Tim Penilai dalam Lomba, menekankan pentingnya dukungan dari para kepala desa/lurah terhadap Tim Penggerak PKK di wilayah masing-masing.

“Pada para kepala desa, mohon disupport baik moral dan morilnya untuk Tim Penggerak PKK yang berada di wilayah masing, karena pada saat kegiatan lomba nanti, desa yang dipilih oleh kecamatan harus mempunyai Tim Penggerak PKK,” tutur Syamsuarni Amirudin.

Dengan semangat persaingan yang sehat dan kerjasama yang kuat, diharapkan Lomba Desa dan Kelurahan tahun ini akan menjadi tonggak penting dalam pembangunan Kabupaten Banggai menuju kesejahteraan yang lebih baik. *

DKISP Banggai