Advertisement

Kecamatan

Ibukota di Tolisu, Ini Nama Desa yang Tergabung di Kecamatan Toili Jaya Banggai

2035
×

Ibukota di Tolisu, Ini Nama Desa yang Tergabung di Kecamatan Toili Jaya Banggai

Sebarkan artikel ini
Bupati Banggai H Amirudin pada peresmian Kecamatan Toili Jaya Kabupaten Banggai, Senin (21/08/2023). (Foto: DKISP Banggai)

Luwuk Times, Toili Jaya — Bupati Banggai H. Amirudin meresmikan Kecamatan Toili Jaya, Senin (21/08/2023). Dengan terbentuknya daerah otonom baru (DOB) ini, maka Kabupaten Banggai telah memiliki 24 kecamatan.

Desa Tolisu menjadi pusat pemerintahan Kecamatan Toili Jaya. Dan sebanyak 10 desa yang tergabung dalam kecamatan yang berada di wilayah selatan ibukota Kabupaten Banggai ini.

Ke 10 desa itu adalah Tolisu, Mekar Kencana, Marga Kencana, Mulyasari, Tirta Jaya, Saribuana, Tohitisari, Sindang Baru, Bukit Jaya dan Desa Piondo.

Sejumlah harapan Bupati Banggai ia sampaikan buat kecamatan paling bungsu ini. Dalam sambutan, Bupati Amirudin berujar, pembentukan Kecamatan Toili Jaya merupakan sebuah upaya percepatan pemerataan pembangunan.

Baca:  Motif Cemburu, Kasus Penganiyaan Terjadi di Nuhon Banggai

Termasuk dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui pendekatan pelayanan dan pemberdayaan.

“Momentum hari ini merupakan hasil dari sebuah perjalanan yang panjang. Dimana mekanisme pembentukan kecamatan saat ini melalui proses verifikasi administrasi oleh Pemerintah Provinsi dan Kementerian Dalam Negeri RI, dengan sangat ketat dan selektif,” ujar Bupati Amirudin.

Ia mengatakan hal ini menunjukkan keseriusan Pemerintah Daerah dan DPRD untuk mendorong kesejahteraan masyarakat melalui pembentukan kecamatan.

Sebagaimana harapan kita bersama hal ini dapat mempercepat pemerataan pembangunan antar wilayah, mendekatkan dan meningkatkan kualitas pelayanan serta memperkecil kesenjangan antar wilayah.

Dengan adanya Peraturan Daerah Kabupaten Banggai nomor 1 tahun 2023 tentang pembentukan Kecamatan Toili Jaya, tanggal 13 Januari 2023 dan diundangkan oleh Sekretaris Kabupaten tanggal 19 Januari 2023, maka secara De Jure Kecamatan Toili Jaya resmi menjadi kecamatan baru.

Baca:  Skuad Bunga RWP Jawara Luksel Cup II 2022

Kemudian secara De Facto, dilaksanakan peresmian dan pelantikan yang merupakan sebuah pengakuan terhadap dimulainya penyelenggaraan pemerintahan Kecamatan Toili Jaya.

“Goals kita belum berhenti sampai di pembentukan kecamatan saja. Akan tetapi ada goals yang lebih besar lagi yang akan kita raih bersama kedepannya. Maka dari itu, semua elemen harus tetap kompak, bersatu, bergandengan tangan, bersinergi dan terus berkolaborasi,” tegas Bupati Amirudin. *

DKISP Kabupaten Banggai