Banggai

Pekan Penyu Banggai Tahun 2023 Digelar di Luwuk

810
×

Pekan Penyu Banggai Tahun 2023 Digelar di Luwuk

Sebarkan artikel ini
Editor: Sofyan Labolo
Mewakili Bupati Banggai, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Ir. Ferlyn Monggesang, M.Si. membuka kegiatan Pekan Penyu Banggai 2023. (Foto: DKISP Banggai)

Luwuk Times, Banggai — Mewakili Bupati Banggai, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Ir. Ferlyn Monggesang, M.Si. membuka kegiatan Pekan Penyu Banggai 2023.

Pekan Penyu Banggai 2023 merupakan pekan kedua kalinya yang dilaksanakan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat terkait eksploitasi penyu yang ada di Kabupaten Banggai.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan Penyu Indonesia dengan mengusung tema “Keren Tanpa Sisik” yang telah berlangsung sejak tanggal 22 Oktober hingga 28 Oktober 2023.

Bupati Banggai melalui sambutan tertulisnya memberikan apresiasi Yayasan Penyu Indonesia yang berkolaborasi dengan Aliansi Konservasi Tompotika (AITo), serta seluruh pihak yang telah berperan dalam menyelenggarakan acara ini dengan baik.

Ia mengingatkan tentang pentingnya melindungi penyu sisik dan bagaimana penyu sisik termasuk dalam jenis satwa yang mendapat perlindungan hukum di Indonesia.

Baca:  Diikuti 100 Lebih Peserta, Fespati Banggai Gelar Turnamen Panahan se Sulteng

“Perlu saya sampaikan bahwa di Indonesia, penyu sisik masuk dalam jenis satwa yang dilindungi oleh undang-undang. Artinya penangkapan atau perdagangan penyu sisik, maupun bagian tubuhnya seperti sisiknya itu sangat dilarang,” jelas Ferlyn Monggesang.

Di Kabupaten Banggai terdapat 3 dari 7 jenis Penyu di dunia. Yaitu Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea), Penyu Hijau (Chelonia mydas), serta Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata).

Hal ini disampaikan oleh Muhamad Jayuli sebagai Program Manager perlindungan penyu sisik Yayasan Penyu Indonesia.

“Dengan adanya kegiatan Pekan Penyu Banggai kami berharap bisa memotivasi atau mengajak masyarakat secara aktif untuk turut terlibat dalam upaya perlindungan satwa yang terancam punah ini,” ujar Jayuli.

Baca:  Remaja Pelaku Pencurian HP di Luwuk Ini Diamankan Polisi

Di akhir sambutan, Ferlyn Monggesang meminta komitmen generasi muda Kabupaten Banggai yang turut hadir dalam giat tersebut untuk dapat melestarikan keberadaan penyu serta menjalankan kampanye perlindungannya.

Rangkaian kegiatan pada Pekan Penyu Banggai 2023 yaitu Pertunjukan Seni, Lomba Mewarnai, Lomba Membaca Puisi, dan Talkshow.

Sebagai bagian sosialisasi tentang lingkungan dan mendukung UMKM, dalam pekan ini juga terdapat pameran dari ALTO, Bang Fatur, SKETCHOOD, Art Minor Collective, BEM FAPERIK Unismuh Luwuk, dan Yayasan Tompotika. *

Baca: Buka Bimtek Probis dan SOPAP, Begini Pesan Bupati Banggai Amirudin

DKISP Kabupaten Banggai

error: Content is protected !!