Banggai

Buka Bimtek Probis dan SOPAP, Begini Pesan Bupati Banggai Amirudin

393
×

Buka Bimtek Probis dan SOPAP, Begini Pesan Bupati Banggai Amirudin

Sebarkan artikel ini
Editor: Sofyan Labolo
Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO membuka secara resmi giat Bimbingan Teknis Probis dan SOPAP di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Banggai, Kamis (25/10/2023). (Foto: DKISP Banggai)

Luwuk Times, Banggai— Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO membuka secara resmi giat Bimbingan Teknis Proses Bisnis (Probis) dan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan (SOPAP) di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Banggai, Kamis (25/10/2023).

Kegiatan yang digelar di Estrella Hotel and Conference ini akan berlangsung selama 2 hari.

Dan kegiatan ini merupakan dasar dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2011 tentang Standar Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Mengawali sambutannya, Bupati Banggai mengucapkan selamat datang kepada Tim dari Staf Asisten Deputi Bidang Perumusan Kebijakan Sistem Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB RI yakni Dr. Ngalimun, S.Sos., MM dan Fransiskus Xaverius Prihandoko.

Baca:  Pemasangan Tapal Batas Desa Tuntung Bunta Dinilai Inprosedural

Keduanya sekaligus menjadi fasilitator dalam giat tersebut.

“Kegiatan penyusunan peta Probis ini bertujuan agar instansi pemerintah mampu melaksanakan tugas dan fungsi secara efektif dan efisien, untuk mencapai visi dan misi organisasi,” ujar Bupati Amirudin.

Lebih lanjut, ia menjelaskan sedangkan SOPAP sendiri bertujuan untuk memberikan pedoman bagi instansi dalam mengidentifikasi, merumuskan, menyusun, mengembangkan, memonitor dan mengevaluasi sesuai dengan tugas dan fungsi organisasi.

“Dengan adanya perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK), agar tidak terjadi tumpang tindih kewenangan yang dimiliki satu unit kerja dengan yang lainnya,” tutur Bupati Amirudin.

Salah satu aspek penting dalam mewujudkan birokrasi yang profesional, efektif dan efisien dengan menerapkan Proses Bisnis (Probis) dan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan (SOPAP) pada seluruh proses penyelenggaraan administrasi pemerintah.

Baca:  Tadi Malam Bupati Amirudin Sambangi Bidang Anggaran BPKAD

Sebelum menutup sambutan, Bupati Amirudin berharap kepada para peserta agar memonitor sisi penerimaan dan belanja yang erat kaitannya dengan Probis dan SOP yang akan disusun dalam bimtek tersebut.

Ketua Panitia Rika Novita Umboro menyampaikan adapun peserta dari kegiatan tersebut ialah seluruh Kasubag Umum dan Kepegawaian yang berada di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Banggai.

Kegiatan Bimbingan Teknis Proses Bisnis (Probis) dan SOPAP ini adalah langkah positif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan administrasi pemerintahan di Kabupaten Banggai. *

DKISP Banggai

error: Content is protected !!