Close ADS

DKISP

Pengembangan Ngenteng Linggih Pura Penataran Ped di Toili Jaya, Bupati Banggai Amirudin Rogoh Kocek 50 Juta

292
×

Pengembangan Ngenteng Linggih Pura Penataran Ped di Toili Jaya, Bupati Banggai Amirudin Rogoh Kocek 50 Juta

Sebarkan artikel ini
Bupati Banggai Amirudin melakukan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti yang merupakan pertanda upacara Ngenteng Linggih Pura Penataran Ped Sari Bhuana ditutup, Kamis (23/05/2024). (Foto: DKISP Banggai)

BANGGAI, Luwuk Times — Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO beserta rombongan hadiri Upacara Ngenteng Linggih Pura Penataran Ped, bertempat di Desa Sari Bhuana, Kecamatan Toili Jaya, Kamis (23/5/2024).

Kehadiran Bupati Banggai dalam upacara sakral ini menunjukkan dukungannya terhadap pelestarian adat dan budaya lokal.

Upacara ini merupakan salah satu ritual penting dalam tradisi Hindu di Bali, diselenggarakan dengan khidmat dan dihadiri oleh masyarakat setempat serta berbagai tokoh agama dan adat.

Dalam sambutannya, Bupati Amirudin menyampaikan senang sekali dapat hadir ditempat tersebut.

Ia juga berterima kasih kepada saudara-saudara umat Hindu yang tidak pernah bosan-bosan mengundang untuk bersama-sama pada acara tersebut.

“Apalagi lagi tadi saya mendengarkan laporan panitia. Laporannya minus, maka pada kesempatan yang baik dan berbahagia ini saya secara pribadi akan menyumbangkan 50 juta sehingga kegiatan keagamaan dapat terus kita kembangkan,” ujar Bupati Amirudin.

Baca:  Program 1 Juta Satu Pekarangan Bikin Kemiskinan Ekstrem di Banggai Jadi Zero

Ia sangat bersyukur karena tidak pernah membeda-bedakan agama yang satu dengan yang lainnya. Siapapun yang mengundang Bupati Amirudin siap bertandang.

“Karena kegiatan keagamaan baik itu Islam, Kristen, Hindu, Katolik maupun Budha itu semuanya sudah dianggarkan dalam APBD kita,” jelas Bupati Amirudin.

Sehingga lanjut Bupati Amirudin, kalau ada kegiatan keagamaan yang sifatnya rutin sampaikan kepada kami sehingga kami bisa menganggarkannya.

Kegiatan yang diselenggarakan di Pura Penataran Ped Sari Bhuana ini dihadiri oleh Ustad H. Abey Ghifran, M.TH.I, Kadis DKISP Banggai bersama anggota, Kabag Prokopim Setda Banggai bersama anggota dan Kabag Tapem Setda Banggai.

Baca:  36 ASN di Banggai Berebut 8 Kepala OPD, Ini Statemen Bupati Amirudin

Hadir juga Camat Toili Jaya bersama jajarannya, Camat Toili, Unsur Forkopimcam Toili Jaya, Kepala Desa Sari Bhuana, Kepala Desa Tohiti Sari, Pengurus PHDI, WHDI Dan PSN Kecamatan Toili Jaya, serta umat sedharma.

Dengan kehadiran Bupati Banggai dalam upacara ini, diharapkan semakin banyak generasi muda yang tertarik dan terlibat dalam pelestarian adat dan budaya lokal,.

Termasuk semakin memperkuat kebersamaan dan kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Banggai.

Usai menyampaikan sambutan, Bupati Amirudin melakukan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti yang merupakan pertanda upacara Ngenteng Linggih Pura Penataran Ped Sari Bhuana ditutup secara resmi. *

Baca: Bupati Banggai Amirudin Hadiri Pengajian Umum di Pondok Pesantren Darussalam Toili

DKISP Banggai