Selamat Jalan Pejuang Provinsi Sulawesi Timur

oleh -1.040 Kali Dibaca
Azikin Lasadam semasa hidup. (Foto: Sofyan/Luwuk Times)

LUWUK, Luwuk Times.ID – Satu lagi tokoh hebat milik Kabupaten Banggai berpulang ke Rahmatullah.

Azikin Lasadam meninggal dunia Rabu (05/05/2021) sekitar pukul 15.00 wita di kediamannya jalan Gunung Merapi Kelurahan Baru Kecamatan Luwuk. Baba-begitu sapaannya meninggal dunia di usianya ke 73 tahun.

Azikin adalah salah satu sosok pejuang pembentukan Provinsi Sulawesi Timur (Sultim). Andilnya cukup besar dalam perjuangan pembentukan daerah otonom baru (DOB) di jazirah timur Sulteng tersebut.

Karena kiprahnya itulah sehingga lelaki kelahiran Luwuk 17 Desember 1947 ini sempat diberi amanah sebagai Sekretaris Forum Perjuangan Pembentukan Provinsi Sulawesi Timur (FP3-Sultim) mendampingi H. Basri Sono sebagai ketua.

Tidak hanya pembentukan Provinsi Sultim yang menjadi bagian dari cita-citanya semasa hidup. Almarhum juga menjadi salah satu pelopor perjuangan pembentukan Kota Luwuk.

Di kalangan DPRD Banggai, nama Azikin Lasadam tidaklah asing.

Semenjak kondisi kesehatan Azikin Lasadam masih stabil, dia sering bertandang di kantor milik rakyat tersebut.

“Seingat saya sekitar 7 tahun lalu, pak Azikin sering bertandang di kantor DPRD Banggai. Meski harus membawa tongkat, tapi semangatnya untuk Sultim sangat luar biasa,” kata Ketua Komisi 2 DPRD Banggai, Sukri Djalumang mengenang.

Bahkan Azikin kerap membawakan pantun di kantor DPRD. Kalangan legislator pun merasa terhibur dengan pantun lucu yang dibawakannya.

Tokoh pejuang Sultim itu telah pergi untuk selama-lamanya. Kini tinggal generasi selanjutnya yang harus melanjutkan perjuangannya tersebut.

Kabarnya, jasad Azikin Lasadam yang juga senior Pemuda Pancasila Kabupaten Banggai ini akan dikebumikan di desa Tongkonunuk Kecamatan Pagimana Kamis (06/05/2021) pukul 10.00 wita.

Selamat jalan Om Azikin, selamat jalan pejuang Sultim. *

(yan)

No More Posts Available.

No more pages to load.