30 Menit Kota Luwuk Gelap Gulita, Begini Klarifikasi PLN

oleh -348 Kali Dibaca
Pemandangan Kota Luwuk Kabupaten Banggai di malam hari. (FOTO: istimewa)

LUWUK, Luwuk Times.ID – Saturday Nigth (Satnight) yang biasa di isi warga bersama keluarganya untuk bersantai-santai di akhir pekan, di ikuti padamnya listrik se-antero Kota Luwuk.

Penyebab gelap gulitanya Kota Berair ini dengan durasi 30 menit itu dijelaskan Kepala UP3 PLN Luwuk, Agus Tasya kepada Luwuk Times, (14/3).

“Telah terjadi padam pada sistem Luwuk hari Sabtu, tanggal 13 Maret 2021 Pada jam 21.20 wita,” ucapnya memulai penjelasan.

Pemadaman terjadi kata Agus bertepatan dengan cuaca hujan dan angin, ada pohon yang menyentuh/mengenai jaringan Tegangan menengah 20 KV.

“Titik gangguan terjadi di daerah Kilongan, tepatnya pada Feeder Biak, sehingga sistem proteksi bekerja untuk mengamankan,” lanjut Agus.

Dengan sigap petugas lapangan PLN-pun langsung bergerak.

“Pada saat itu petugas PLN segera melakukan pengamanan pada lokasi gangguan. Sambil petugas lainnya melakukan penormalan sistim kelistrikan secara bertahap,” paparnya.

Alhamdulillah kata dia proses recovery yang dilakukan pukul 21.50 wita untuk dalam kota Luwuk sudah dapat kami normalkan.

“Pada pukul 23.52 Wita untuk sistem Luwuk sudah kembali normal,” tutur Agus.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat untuk turut berkontribusi demi keamanan jaringan PLN.

“Di mohon kerjasamanya agar kiranya pohon-pohon yang dekat dengan jaringan PLN agar dapat diizinkan utk dipangkas/ditebang sehingga penyaluran tenaga listrik dapat berjalan dengan baik. Untuk jarak aman pohon dengan jaringan listrik (ROW) minimal 2,5 meter,” pungkasnya. *

(cen)