Polemik Penyambutan Ketua Bawaslu RI, Ini Statemen Batumundoan Banggai

oleh -496 Kali Dibaca
H. Sophansyah Yunan

LUWUK, Luwuk Times.ID— Pasca voting day 9 Desember 2020, semua pihak diminta tetap menjaga kondusifitas daerah. Beri kesempatan kepada para pihak penyelenggara pemilu untuk menuntaskan semua tahapan dari pesta demokrasi tahun lalu tersebut.

“Mari kita tetap jaga kondusifitas daerah ini pasca pilkada,” imbau Sekretaris Batumundoan Banggai, H. Sophansyah Yunan kepada Luwuk Times, usai shalat Jumat di masjid Baitul Azis Kelurahan Karaton, Jumat (08/01).

Haji Opan begitu pria ini akrab disapa menilai, sudah sangat terang benderang penjelasan Bawaslu Banggai terkait dengan penyambutan Ketua Bawaslu RI, Abhan di bandara Syukuran Aminudin Amir (SAA) Bubung Luwuk.

Selain hanya satu agenda Bawaslu RI di Luwuk yakni supervisi sekaligus monitoring pelaksanaan seleksi calon Bawaslu Banggai juga meluruskan kabar bahwa tidak ada pihak lain yang menyambut kehadiran Abhan, terkecuali jajaran lembaganya.

Baca juga: Kasat Pol PP Bantah Jemput Ketua Bawaslu RI, Suwitno: Pers harus Profesional

Hal itu tentu saja melahirkan sikap positif dari Ketua DPC PPP Kabupaten Banggai ini.

“Saya memberi apresiasi. Apalagi dengan harapan empat komisioner Bawaslu Banggai yang akan lahir dari rekrutmen itu benar-benar memiliki integritas dan kemampuan yang tidak diragukan,” kata Haji Opan.

Bertalian dengan harapan tadi sambung pensiunan ASN dilingkup Pemda Banggai ini, persepsi tak sedap karena hadirnya orang nomor wahid pada lembaga pengawasan pemilu itu di tengah masih berproses hukum hasil pilkada Banggai terbantahkan.

“Saya kira terbantahkan spekulasi itu. Semoga marwah Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu tetap terjaga,” tutup Haji Opan. *

(yan)