ADVERTISEMENT
Pilkada 2024

Tiga Tahun Menjabat Bupati Banggai, Ini Sederet Hasil Karya Mentereng Amirudin

1014
×

Tiga Tahun Menjabat Bupati Banggai, Ini Sederet Hasil Karya Mentereng Amirudin

Sebarkan artikel ini
Editor: Sofyan Labolo
Bupati Banggai H. Amirudin

BANGGAI, Luwuk Times— Tanggal 8 Juni 2021 Amirudin dilantik sebagai Bupati Banggai bersama wakilnya Furqanuddin. Praktis sudah tiga tahun, Amirudin menahkodai daerah ini.

Meski terbilang singkat, namun banyak kemajuan pesat yang sukses ia torehkan. Dan #AT_SEKALI_LAGI kembali membeberkan hasil karya Amirudin tersebut.

Adapun keberhasilan mentereng itu diantaranya, APBD Kabupaten Banggai bertumbuh menjadi Rp3.2 triliun. Realisasi investasi mencapai Rp1,2 triliun pada tahun 2023.

Pembangunan infrastruktur jalan dan infrastruktur dasar dengan anggaran Rp 105,936 miliar.

Selanjutnya penurunan angka kemiskinan tahun 2023 sebesar 27,38 ribu orang, menurun sebesar 1,17 ribu orang dibandingkan dengan Maret 2022.

Sementara Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Banggai meningkat dari 71,88 poin pada tahun 2022 menjadi 72,19 poin pada tahun 2023.

Baca:  SJS Luwuk U-16 di Grup Neraka, Adhi Lambesia Optimis Lolos Putaran II

Tidak itu saja, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) pada Agustus 2023 sebesar 71,70 persen.

Dengan jumlah angkatan kerja pada Agustus 2023 sebanyak 201,86 ribu orang.

Gerak maju peradaban itu juga ditunjang dengan jumlah penduduk kita yang sudah mencapai 337 ribu jiwa.

Menurut #AT_SEKALI_LAGI, Kabupaten Banggai dibawah kepemimpinan Bupati Amirudin, sekarang makin dikenal dan tumbuh menjadi daerah maju, khususnya di wilayah timur Sulawesi Tengah. 

Daerah kita bukan saja menopang pertumbuhan provinsi. Namun juga secara nasional. Itu karena Kabupaten Banggai punya potensi yang cukup besar.

Mulai dari tambang mineral, maupun cadangan gas bumi terbesar kedua setelah Bontang.

Baca:  Tiga Jam Hujan, Puluhan Rumah Desa Poh Terendam Banjir

Kemajuan-kemajuan disegala sisi ini memperkokoh Kabupaten Banggai sebagai daerah penting dan berpengaruh di wilayah timur Sulawesi tengah.

Dorongan kemajuan ini akan terus bertumbuh. Karena kita memiliki pemimpin yang punya visi hari depan yang jauh. Pemimpin itu tak lain adalah H. Amirudin.

Setiap pemerintahan pasti punya semangat dan visi yang baik. Terlebih lagi pada soal gagasan dan inovasi yang legacy dan briliant yang dituangkan dalam implementasi program dan AKSI nyata dilapangan.

Kesuksesan dan keberhasilan pasti punya plus dan minus, pro dan kontra. Namun sebuah mimpi besar harus menjadi ‘spionase’ keberhasilan tersebut. *

Baca: Sulit Menemukan Pemimpin Setulus Bupati Banggai Amirudin