Parpol

Berkah Sekaligus Ujian buat Samsul Bahri Mang di Tahun Politik

819
×

Berkah Sekaligus Ujian buat Samsul Bahri Mang di Tahun Politik

Sebarkan artikel ini
Penulis: Sofyan LaboloSumber Berita
Samsul Bahri Mang

Oleh: Sofyan Labolo

SAMSUL Bahri Mang bukan lagi Ketua DPD Partai Golkar Banggai. Ia juga tak lagi menjabat sebagai Ketua DPRD Banggai. Dua jabatan strategis itu pernah diembannya selama dua periode berturut-turut.

Meski begitu, ketenaran politisi yang akrab dengan sapaan OBAMA (Om Bali Mang) tidak luntur.

Di saat jabatan ketua partai dan pemegang palu sidang parlemen lalong (DPRD Banggai) lepas dari genggamannya, OBAMA malah mendapat berkah politik.

Ia mengantongi surat tugas dari DPP Partai Golkar sebagai bakal calon Bupati pada Pilkada Banggai 2024.

Partai besutan Airlangga Hartarto inipun memiliki alasan, mengapa OBAMA yang harus dipilih, bersama belasan kader Golkar lainnya se Sulteng atas surat tugas itu.

Karena setelah tiga kali melaksanakan survei internal Partai Golkar, nama Samsul Bahri Mang berada pada puncak elektabilitas.

Baca:  Golkar Banggai Masih Rahasiakan Daftar Caleg Dapil 1, Penasaran? Ini Bocorannya

Tentu saja, surat tugas sebagai bakal calon Bupati Banggai yang diberikan DPP Golkar tak sekadar perintah yang wajib dijalankan kader.

Tapi lebih dari itu, surat tugas tersebut merupakan berkah politik buat Samsul Bahri Mang.

Ujian Politik

Memang surat tugas sebagai bakal calon Bupati Banggai belum bersifat final. Setiap bulan Partai Golkar akan aktif melakukan evaluasi terhadap kerja-kerja politik pemenangan buat suami Yolanda Antuke ini.

Salah satu kredit point nya adalah hasil pemilu legislatif tahun ini.

Pasca tak majunya Nasser Djibran sebagai caleg DPRD dapil 4 Sulteng (Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut), bukan berarti Samsul Bahri Mang tak punya lawan tangguh.

Baca:  Target Partai Golkar Banggai Rebut Palu Sidang DPRD Sudah Harga Mati

Tidak sekadar eksternal. Samsul Bahri Mang juga akan diperhadapkan dengan kompetitifnya kompetisi di internal caleg DPRD dapil 4 Sulteng.

Sebut saja Maryam Tamoreka. Meskipun keterwakilan gender yang satu ini pendatang baru di kancah politik, namun kekuatannya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Banyak faktor yang akan turut memberi sokongan kekuatan buat Maryam pada pencalonan di Pemilu 2024.

Dan Maryam sudah pasti akan menjadi ancaman tersendiri buat Samsul Bahri Mang secara internal dalam mendulang suara pada pemilu yang voting day nya 14 Februari 2024.

Jika ingin surat tugas berbuah menjadi rekomendasi, maka ujian politik yang satu ini harus mampu dilewati Samsul Bahri Mang. *

error: Content is protected !!