Iklan

Info PUPR

Buka Bimtek Pengawasan Pekerjaan Konstruksi, Begini Pesan Bupati Banggai

504
×

Buka Bimtek Pengawasan Pekerjaan Konstruksi, Begini Pesan Bupati Banggai

Sebarkan artikel ini
Penulis: Sofyan Labolo
Asisten I Setdakab Banggai Nurdjalal Amir membuka Bimtek pengawasan pekerjaan konstruksi, bertempat di Swiss Belinn Hotel Luwuk, Selasa (14/05/2024). (Foto: Sofyan Labolo Luwuk Times)

BANGGAI, Luwuktimes.id — Bupati Banggai yang diwakili Asisten I Setdakab Banggai Nurdjalal Amir membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengawasan pekerjaan konstruksi, bertempat di Swiss Belinn Hotel Luwuk, Selasa (14/05/2024).

Sejumlah pesan disampaikan Bupati pada Bimtek yang menghadirkan narasumber dari Kementerian PUPR tersebut.

Jasa konstruksi merupakan salah satu kegiatan dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya yang mempunyai peranan penting dalam pencapaian berbagai sasaran guna menunjang tujuan pembangunan nasional.

Suatu penyelenggaraan jasa konstruksi dikatakan tertib, jika pelaku jasa konstruksi menjalankan kewajibannya dengan baik dan patuh terhadap peraturan yang mencakup, tertib pengadaan barang/jasa, administrasi kontrak, pemenuhan penerapan keselamatan konstruksi, dan penerapan manajemen mutu.

Kata Nurdjalal, pelaku jasa konstruksi harus memenuhi kewajiban yang dipersyaratkan untuk menjamin berlangsungnya tertib penyelenggaraan pekerjaan konstruksi.

Baca:  Anggaran di Nuhon Miliaran Rupiah, Irwanto Kulap Apresiasi Dinas PUPR Banggai

Penyedia jasa dituntut untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan ketentuan – ketentuan yang telah disepakati dalam perjanjian kerja dengan pengguna jasa.

Untuk mewujudkannya diperlukan pengawasan pekerjaan dari pihak pengguna jasa.

Pengawasan pekerjaan konstruksi sangat diperlukan dalam menjamin pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan desain yang direncanakan, gambar dan spesifikasi.

Banyaknya masalah yang terjadi, seperti mutu pekerjaan yang rendah, tidak memenuhi syarat, pelaksanaan tidak tepat waktu, pekerjaan tidak aman dan lain – lain seringkali diakibatkan karena lemahnya pengawasan.

Pengawasan yang baik dapat mencegah masalah-masalah tersebut sehingga pekerjaan konstruksi dapat berjalan dengan lancar, terkendali dan diperoleh hasil yang memuaskan.

Pengawas seharusnya mempunyai pengetahuan baik administrasi proyek maupun teknis, mengingat pentingnya peran pengawasan dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi, maka peningkatan kemampuan dan kompetensi pengawas sangat diperlukan.

Baca:  Raker dengan Komisi II, Kadis PUPR Banggai Target Raperda RTRW Rampung Desember

Untuk itu sangat diharapkan penerapan aturan dalam pekerjaan konstruksi dapat diterapkan secara maksimal baik dari awal persiapan, pelaksanaan sampai dengan tahap serah terima pekerjaan.

Dengan dilaksanakannya kegiatan bimtek ini kami sangat bersyukur dan menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini.

Apalagi dihadiri 60 peserta pengawas yang ada di Dinas PUPR Banggai dan tentunya dengan narasumber yang berkompeten di bidangnya.

“Saya berharap para peserta bimtek ini dapat memahami apa saja yang diberikan oleh para narasumber. Yang nantinya dapat diterapkan bagaimana melakukan pengawasan pekerjaan konstruksi yang benar. Sehingga dapat diperoleh hasil pembangunan yang memuaskan sesuai dengan yang diharapkan yaitu berkualitas, tepat waktu dan biaya,” katanya. *

error: Content is protected !!