Advertisement

Parpol

Mengukur Kekuatan Parpol Lewat DCS Anggota DPRD Banggai di Pemilu 2024 (Bagian 4)

965
×

Mengukur Kekuatan Parpol Lewat DCS Anggota DPRD Banggai di Pemilu 2024 (Bagian 4)

Sebarkan artikel ini

Oleh: Sofyan Labolo

SEBANYAK 475 bakal calon legislatif (bacaleg) yang tersebar di 16 partai politik (parpol) telah diumumkan KPU Kabupaten Banggai, melalui daftar calon sementara (DCS) anggota DPRD Kabupaten Banggai.

Mereka akan berkompetisi merebut simpatik rakyat pada pemilu legislatif, yang akan berlangsung 14 Februari 2024 mendatang.

DCS berpotensi berubah. Karena masih ada satu tahapan lagi, yakni daftar calon tetap (DCT). Luwuk Times mencoba mengukur, kekuatan parpol lewat daftar calon yang telah diumumkan KPU Banggai tersebut.

13. PBB

Partai Bulan Bintang (PBB) tak sekadar punya wakil di parlemen lalong. Tapi partai ini pernah mendorong kader nya duduk sebagai unsur pimpinan di DPRD Banggai.

Namun pasca Baharudin Tjatjo tak lagi menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Banggai, PBB sudah tidak punya keterwakilan di lembaga legislatif.

Khusus di Kabupaten Banggai, PBB kalah bersaing dengan partai politik lain untuk merebut simpatik konstituen.

Baca:  Surat Edaran KPU Hanya untuk Parpol Lambat Mendaftar karena SILON

PBB sepertinya mengalami krisis kader. Salah satu indikatornya, PBB tidak mengisi penuh daftar bacaleg di empat dapil Kabupaten Banggai.

Di dapil 1 Banggai, seyogianya ada 9 bacaleg. Akan tetapi parpol yang diketuai Sulaeman A. Djauni ini, hanya mendorong 7 bacaleg.

Selain Sulaeman yang mengisi nomor urut 1 juga ada Taufik Laumarang pada nomor urut 2. Selanjutnya Sri Windyarti T. Yusuf, Ardiansyah Gani, Sartin Ismail Lahay, Sri Novianingsig G. Karim dan Anawijayanti Ghojali.

Tidak terisi 100 persen bacaleg juga terlihat di dapil 2 Banggai. Dari 10 kuota yang disiapkan, partai besutan Yusril Ihza Mahendra ini, Sulaeman hanya memporsikan 7 bacaleg.

Mereka adalah Muzamil Ngeap, Hans Hatibie, Olin G. Karim, Samsul Saluki, An Nonsi, Isma Yanti Usman serta Wildaini Lajuma.

Di dapil 3 Banggai, PPB minus satu bacaleg. Andhyka Mandala Putra Djauni, Nurhayati Passa dan Amaludin.

Terlebih lebih di dapil 4 Banggai. Setengah dari jatah kursi di dapil Dataran Toili, PBB hanya mengutus 6 bacaleg nya.

Baca:  Ade Nuramdani: Pemilu 2024 Masyarakat Banggai Waspada Berita Hoax

Mereka adalah Razwin Baka, Zulkifli B. Sahidah, Wiwik Anowiati, Setya Prawira Kaidudung, Irsan Maulana Umar dan Putri Rahmadani Sahidah.

14. Partai Demokrat

Grafis perolehan kursi Partai Demokrat di DPRD dalam setiap pelaksanaan pemilu di Kabupaten Banggai terus mengalami penurunan.

Sebelum zero wakil rakyat di parlemen lalong hasil pemilu 2019-2024, Partai Demokrat pernah mengutus 3 kader nya sebagai anggota DPRD Banggai.

Tapi setelah itu jumlahnya berkurang menjadi 2 anggota dewan. Dan terakhir tak ada satupun wakil rakyatnya.

Suwardi Dg Baso (SDB) punya obsesi besar di pemilu 2024. Ia berhasrat mengembalikan kejayaan Partai Demokrat Banggai dimasa kepemimpinan almarhum Evert Kuganda tersebut.

Indikator nya cukup kita lihat dari daftar bacaleg yang ia kirim ke KPU Banggai. Partai Demokrat mengisi penuh DCS di empat dapil Banggai.