Abdullah Iskandar, Moderator Debat Publik, Ini Profil Singkatnya

oleh -976 Kali Dibaca
Abdullah Iskandar. (Foto: Istimewa)

LUWUK, Luwuktimes.id— Debat publik pasangan calon (paslon) bupati/wakil bupati Banggai pilkada 2020 akan dilaksanakan Minggu (08/11). Tiga kontestan, yakni Sulianti Murad-Zainal Abidin Alihamu, Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili dan Herwin Yatim-Mustar Labolo, akan beradu konsep pada debat terbuka yang akan dimulai pukul 19.30 wita di Swiss Bell Hotel Luwuk itu.

Dalam debat terbuka perdana itu, KPU Banggai mempercayakan Dr. Abdullah Iskandar, SH, MH sebagai moderator. Dosen Fakultas Hukum Universitas Tadulaku (Untad) Palu yang juga staf Ahli Bawaslu RI ini akan memandu hingga usai debat dengan tema meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah tersebut.

KPU Banggai bersama tim pakar perumus debat publik, tentu punya alasan sehinga memilih Abdullah Iskandar sebagai moderator.

Pengalaman kepemeliuannya, tidak perlu diragukan publik. Tercatat Abdullah adalah mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Donggala 2003-2004. Dia juga mantan Koordinator Bidang Pengawasan Panwaslu Pilkada Sulteng 2006. Tahun 2014, Abdullah pernah menjadi Ketua Tim Seleksi anggota KPU Donggala. Di tahun berikutnya 2015, dia juga masuk dalam tim pakar pilkada Banggai 2015.

Selain itu di tahun yang sama, Abdullah menjadi tim pakar sekaligus moderator pilkada Poso, tim pakar pilkada Tojo Unauna dan Sigi.

Begitu pula di tahun 2017 dan 2018, Abdullah menjadi tim pakar sekaligus moderator masing-masing di pilkada Buol dan Donggala.

Selain Dosen Fakultas Hukum Universitas Tadulaku (Untad) Palu yang juga staf Ahli Bawaslu RI, Abdullah juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Bagian Hukum Administrasi Negara Tadulako 2008-2009 dan Wakil Dekan Bidang Keuangan Fakultas Hukum Untad 2015-2017.

Setumpuk pengalaman yang sangat mumpuni. *

(yan)

Tim Pakar Debat Terbuka Pilkada Banggai 2020

Dr. H. Muhtadin Dg Mustafa, M.HI
Drs. Abdullah, MT
Dr. Ir. H. Samliok Ndobe, M.Si, IPM (Ketua Tim Pakar)
Dr. Yunus Sading, SE., M.Si
Dr. Rahmat Bakri, S.H., M.H.
Dr. Asrifai, S.Ip, M.Si
Dr. Andi Purnawati, SH, MH
Dr. Abdullah Iskandar, SH, MH (moderator)