Pemilu 2024

Di Banggai ada Dua TPS Sangat Rawan, Keduanya di Kecamatan Pagimana

1133
×

Di Banggai ada Dua TPS Sangat Rawan, Keduanya di Kecamatan Pagimana

Sebarkan artikel ini
Editor: Sofyan Labolo
Kasi Humas Polres Banggai IPTU Al Amin S. Muda

Luwuktimes.id— Polres Banggai memberi status TPS Baloa Doda dan TPS Desa Dolom Kecamatan Pagimana sebagai TPS sangat rawan.

Mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan terjadi, sehingga Polres Banggai menempatkan sejumlah personel pengamanan di TPS itu.

Sedang TPS yang berada di dalam kawasan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Luwuk merupakan TPS khusus.

Kasi Humas Polres Banggai IPTU Al Amin S. Muda, Sabtu (10/2/24) menjelaskan, untuk dua TPS yang kategori sangat rawan berada di Kecamatan Pagimana yakni TPS Desa Baloa Doda serta TPS Desa Dolom. Dan satu TPS Lapas kelas II B Luwuk kategori khusus.

Baca:  Lengkapi Berkas PAW, Iswan Kurnia Hasan Diundang Sekretariat DPRD Banggai

“TPS Desa Baloa Doda ditempatkan 4 personil dan TPS Desa Dolom sebanyak 2 personil. Untuk TPS Khusus, di Lapas, 1 personil,” katanya.

TPS kategori sangat rawan ini dinilai karena jarak tempuh yang sangat jauh. Bisa berhari-hari serta gangguan bencana alam yang harus melewati beberapa sungai.

Ia juga menyampaikan bahwa selain TPS sangat rawan, wilayah hukum Polres Banggai juga mempunyai 32 TPS kategori rawan serta selebihnya TPS kategori kurang rawan.

Kepolisian Resor Banggai, menyiapkan 421 personel termasuk 60 anggota BKO Polda Sulteng guna mengamankan jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang dilaksanakan pada 14 Februari di daerah itu.

Baca:  Pemkab Banggai Gelar FKP Penyusunan Ranwal RKPD Tahun 2025

“Personel tersebut ditempatkan di 1.211 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di wilayah hukum Polres Banggai,” kata

Lanjut, IPTU Amin untuk mempersiapkan pengamanan Pemilu tersebut pihaknya telah melaksanakan simulasi guna menghadapi gangguan yang mungkin saja terjadi pada Pemilu 2024.

Menurutnya simulasi tersebut perlu dilakukan agar personel kepolisian siap menghadapi kericuhan yang terjadi pada Pemilu 2024 serta menindaknya sesuai peraturan yang berlaku.

Ia berharap dengan persiapan yang dilakukan maka pelaksanaan Pemilu 2024 di daerah itu berjalan aman dan kondusif.

“Kami berharap Pemilu di Banggai aman, dan damai,” pungkasnya. *

error: Content is protected !!