DKISP Kabupaten Banggai

Nasional

Menkeu Sri Mulyani: Tidak Semua Pegawai Pajak dan Bea Cukai Berkinerja Buruk

576
×

Menkeu Sri Mulyani: Tidak Semua Pegawai Pajak dan Bea Cukai Berkinerja Buruk

Sebarkan artikel ini
Editor: Sofyan Labolo
(Foto: Kementerian Keuangan)

LUWUK TIMES — Tidak sedikit kritikan yang dialamatkan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Ditengah gelombang kritikan itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berkomitmen untuk terus memperbaiki diri agar semakin baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dan Menkeu juga berterima kasih atas masukan-masukan dari masyarakat. Karena Kemenkeu yakin lewat saran yang konstruktif itu adkan dapat memberikan pelayanan dan memformulasikan kebijakan dengan lebih baik, menciptakan kepastian bagi pemulihan ekonomi, serta dalam rangka melakukan transformasi ekonomi.

“Saya ingin sampaikan banyak sekali masukan masyarakat terhadap pelayanan-pelayanan yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan. Terutama di Pajak dan Bea Cukai. Saya berterima kasih seluruh masukan masyarakat, kritik kepada kami, sindiran bahkan, namun kita juga akan terus commit untuk memperbaikinya,” kata Menkeu dalam Konferensi Pers APBN KiTa Edisi April 2023 secara daring, beberapa waktu lalu.

Pajak dan Bea Cukai

Soal kritikan buat Pajak dan Bea Cukai, Menkeu Sri Mulyani memberi jawaban.

Baca:  Ridwan Kamil-Ganjar Pranowo Kandidat Terkuat Pemimpin Nasional 2024

Ia menegaskan tidak semua pegawai Pajak dan Bea Cukai memiliki kinerja yang buruk. Karena ia melihat sendiri bagaimana jajaran Pajak dan Bea Cukai melayani masyarakat dalam suasana mendapatkan banyak sekali kritikan dari masyarakat.

Untuk itu, Menkeu sampaikan apresiasi kepada seluruh jajarannya karena tetap bekerja dengan semangat, profesional, dan terus berkomitmen memperbaiki pelayanan kepada masyarakat.

“Saya berterima kasih kepada masukan-masukan yang masuk dan juga kritikan. Namun saya juga berterima kasih pada jajaran Pajak dan Bea Cukai yang terus bekerja dengan luar biasa teguh dan terus commit untuk memperbaiki,” ujar Sri Mulyani.

Dalam kondisi tersebut, ia menghargai segala masukan dan kritik yang disampaikan kepada pelayanan yang diberikan Kemenkeu.

Namun, Menkeu juga meminta dukungan dari masyarakat untuk menghargai jajaran Kemenkeu yang terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Mohon dukungan dari masyarakat untuk melihat dan menghargai jajaran Pajak dan Bea Cukai yang juga berkomitmen untuk terus memperbaiki pelayanan masyarakat. Ini adalah era keterbukaan yang bertanggung jawab. Dan oleh karena itu, mari kita saling menjaga,” kata Menkeu.

Baca:  Airlangga Yakin Prabowo Subianto Bawa Indonesia jadi Negara Maju

Pekerja Migran

Salah satu kritik yang disampaikan masyarakat terkait layanan kepada para pekerja migran.

Menkeu sempat melihat langsung proses pelayanan Bea Cukai dan memastikan seluruh proses bisnis dijalankan secara profesional dan lancar, mulai dari pengisian Electronic Customs Declaration (ECD) yang bisa dilakukan secara daring sehingga prosesnya bisa lebih cepat, hingga proses registrasi IMEI.

“Kami akan bekerja sama dengan Kementerian Lembaga yang lain untuk terus memperbaiki pelayanan, memberikan kepastian, dan memberikan juga edukasi,” katanya.

“Ini memang merupakan tugas kami semua menjalankan aturan, bahkan dari Kementerian Lembaga yang lain. Teman-teman Bea Cukai juga harus tetap commit untuk menjalankannya secara sopan, secara baik. Itu adalah cara kita untuk memperbaiki. Masukan yang diberikan, kritik, maupun catatan menjadi bahan untuk terus memperbaiki kami,” tambah Menkeu. *

Sumber: Laman Kemenkeu RI

error: Content is protected !!