ADVERTISEMENT
Banggai

Peduli Kegiatan Keagamaan, Bupati Banggai Amirudin Alokasikan Dana Hibah Rp33,7 Miliar

561
×

Peduli Kegiatan Keagamaan, Bupati Banggai Amirudin Alokasikan Dana Hibah Rp33,7 Miliar

Sebarkan artikel ini
Penulis: Sofyan Labolo
Bupati Banggai H. Amirudin

BANGGAI, Luwuk Times — Kepedulian Bupati Banggai H. Amirudin terhadap kegiatan keagamaan di daerah ini cukup besar.

Fakta itu terlihat dari alokasi anggaran yang ia kucurkan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Banggai tahun anggaran 2024 sebesar Rp33,7 miliar.

Data yang diperoleh Luwuk Times, Kamis (11/07/2024), untuk honorarium rohaniawan yang meliputi imam, pembantu imam, muadzin, pendeta, pemangku dan pandita sebesar Rp4,2 miliar lebih.

Tidak itu saja yang menjadi program kegiatan prioritas Bagian Kesra Setdakab Banggai yang kini dikepalai H. Moh Rifai Mahiwa, SE., Msi.

Baca:  Operan Haji Amir Berbuah Gol buat Skuad Pemkab Banggai

Bantuan hibah pun cukup besar, yakni Rp23,6 miliar lebih.

Dana hibah itu didistribusi masing-masing Masjid Rp8,4 miliar lebih, Gereja Rp1,9 miliar lebih, Pura Rp1,3 miliar lebih, lembaga atau organisasi keagamaan Rp5,7 miliar lebih dan organisasi kemasyarakatan lainnya Rp6 miliar lebih.

Angka itu belum termasuk bantuan pendidikan atau beasiswa sebesar Rp1,4 miliar lebih.

Selain item kegiatan pelaksanaan kebijakan, evaluasi dan capaian kinerja terkait kesejahteraan sosial tadi, Bagian Kesra Setdakab Banggai juga mengalokasikan kesejahteraan masyarakat.

Baca:  9 Desember, Bupati Banggai Amirudin Rombak Kabinet

Yang meliputi kegiatan PHBI 200 juta, honorarium Pimpinan Baznas Kabupaten Banggai Rp57,6 juta dan honorarium Guru mengaji TPA/TPQ Rp1 miliar lebih.

Ada juga kegiatan fasilitas pengelolaan bina mental spiritual, yang mencakup kegiatan haji Rp1,8 miliar, umroh Rp960 juta dan MTQ tingkat provinsi Rp350 juta. *

Baca: Hasil Riset BRIDA Sulteng, Ada Tiga DOB di Kabupaten Banggai