412 Kali Dibaca

Syamsuarni Amirudin Soroti Kantor Dekranasda Banggai

  • Bagikan
Para pengurus Dekranasda Kabupaten Banggai foto bersama di Polabotan Rujab Bupati Banggai. (Foto: Bagian Prokopim SETDA Banggai)

LUWUK, Luwuktimes.id – Berkapasitas sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banggai, Syamusarni Amirudin memimpin pertemuan Dekranasda di Polabotan Rumah Jabatan Bupati Banggai, Senin (20/09).

Pertemuan tersebut merupakan kali pertama setelah adanya putusan Gubernur Sulawesi Tengah tentang pembentukan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Banggai masa bakti 2021-2024, dengan agenda perkenalan dan rencana kegiatan pelantikan pengurus Dekranasada.

Syamsuarni Amirudin menyampaikan pelantikan pengurus Dekranasda Banggai menunggu instruksi Dekranasda Provinsi Sulawesi Tengah.

“Saya belum bisa memastikan kapan waktu yang tepat untuk pelantikan. Karena sesuai dengan instruksi dari Ketua Dekranasda Provinsi. Untuk menentukan hari dan tanggal pelaksanaan pelantikan pengurus Dekranasda Banggai kita menunggu intruksi dan arahan dari pusat,” terang Syamsuarni.

Syamsuarni yang juga Ketua PKK Banggai juga menambahkan, Ketua Dekranasda Sulteng akan melakukan kunjungan dengan rute Kabupaten Tojo Una-Una menuju Kabupaten Banggai Kepulauan. Dan setelah itu ke Kabupaten Banggai.


“Setelah saya berkunjung ke kantor Dekranasda, sepertinya sudah tidak terurus dan tidak rapi. Bahkan banyak pedagang yang berjualan disitu. Tolong untuk dinas terkait mohon untuk merapikan pedagang kita yang mencari nafkah disitu, agar di alihkan ke lokasi lain sehingga kantor kita elok dan layak dipandang,” tuturnya


Dia menambahkan, Ketua Dekranasda Sulteng akan meninjau kantor Dekranasda Banggai.

Oleh karena itu kepada seluruh anggota secepatnya melakukan pembersihan serta fokus untuk memperbaiki gedung tersebut.

Dalam pelantikan pengurus Dekranasda nanti akan diadakan pameran kerajinan lokal dari 23 Kecamatan di Kabupaten Banggai.

Menurut Kadis Perdagangan Hasri Karim, pameran kerajinan tersebut nantinya akan menampilkan hasil kerajinan tangan, baik dari kerajinan kecil menengah ataupun usaha kerajinan melalui Dinas UMKM Kabupaten Banggai.

Melalui rapat tersebut, Syamsuarni Amirudin mengaku optimis Dekranasda Banggai mampu mendukung Dekranasda Sulteng dan Dekranas untuk mencapai tujuan dan program-program yang telah dicanangkan.

Diakhir arahannya dia mengatakan, walaupun pengurus yang telah dibentuk belum dilantik secara resmi, namun diharapkan mampu merencanakan dan melaksanakan apa yang menjadi tujuan mengembangkan kerajinan masyarakat.

Selain itu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan mengedepankan produk-produk berbasis kearifan lokal serta UMKM masyarakat Kabupaten Banggai melalui Dekranasda ini.

“Semoga apa yang sudah kita rapatkan hari ini akan terlaksana dengan lancar dan mendapatkan Ridho dari Allah SWT, aamiin” tutupnya. *

(Bagian Prokopim SETDA Banggai/Mu’awanah)

  • Bagikan
error: Content is protected !!