Advertisement

Parpol

Target Kursi PDI Perjuangan Banggai di Pemilu 2024, Ini Penegasan Herwin Yatim

8139
×

Target Kursi PDI Perjuangan Banggai di Pemilu 2024, Ini Penegasan Herwin Yatim

Sebarkan artikel ini
Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banggai, H. Herwin Yatim. (Foto: Dokumen Pribadi)

Luwuk Times, Luwuk — Pemilu 2019 PDI Perjuangan Kabupaten Banggai mengoleksi 10 kursi di DPRD Banggaui. Raihan kuantitas kursi yang signifikan di empat daerah pemilihan (dapil) Banggai itulah, sehingga partai ini sukses merebut palu sidang.

Partai banteng moncong putih ini, tentu punya obsesi mempertahankan bahkan menambah jumlah wakil rakyat di parlemen lalong pada pemilu 2024 mendatang.

Dan hal itu sebagaimana ditegaskan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banggai, Herwin Yatim.

“Insyaa Allah sesuai target kami dalam perjuangan menuju Pileg 14 Februari 2024, kami berikhtiar,” kata Herwin yang dihubungi Luwuk Times, Kamis (14/09/2023) tadi malam.

Selain mempertahankan kemenangan juga terus bekerja untuk menambah jumlah perolehan kursi, sebagai representasi kepercayaan rakyat Banggai.

Apalagi sambung Herwin, kepercayaan rakyat kepada PDI Perjuangan semakin besar. Hal itu sejurus dengan slogan partai yang sangat dekat dengan wong cilik serta terus bekerja bersama rakyat menuju kesejahteraan.

Baca:  Imelda Liliana Muhidin Tinjau Atlet Wushu BK PON di Bogor

Yang pasti tekan mantan Bupati Banggai ini, target perolehan kursi di pemilu 2024, minimal mempertahankan kemenangan hasil pemilu 2019, yakni dengan memperoleh 10 kursi.

Target itu kata Herwin cukup beralasan. Karena sesuai restu DPP Partai melalui SK Ketua Umum Prof Hj Megawati Soekarnoputri telah menunjuk para caleg sesuai Dapil masing dari figur-figur yang handal dan teruji.

Termasuk dikenal sebagai pekerja partai dan pelayan rakyat yang berpengalaman selama ini.

Mulai dari perwakilan petani, nelayan, kemudian mewakili kalangan mantan birokrat atau ASN, pedagang dan UMKM serta kelompok majelis taklim, termasuk kelompok ibu-ibu yang selama ini berbuat terbaik dalam kelompok masyarakatnya.

Politik Uang

Pada kesempatan itu, Herwin Yatim juga menyentil soal politik uang. Yang setiap kali perhelatan politik di Kabupaten Banggai, baik Pilkada maupun Pileg terus saja menggerogoti demokrasi.

Menurut Herwin, bisa saja PDI Perjuangan mampu mempertahankan jumlah kursi hasil pemilu empat tahun lalu. Bahkan bukan tidak mungkin, perolehan kursi menjadi menurun.

Baca:  Peringati HUT ke 24, DWP Kabupaten Banggai Kunjungi TK dan Panti Asuhan di Luwuk

Kondisi itu terjadi, kecuali kata Herwin ada caleg tertentu yang mengajak rakyat Banggai mulai untuk main curang. Dengan modus merayu dengan permainan uang serta sembako.

“Bagi saya, modus seperti ini hanya akan membodohi rakyat. Dan sama sekali jauh dari harapan membangun komitmen selama 5 tahun memajukan daerah secara bersama,” ucapnya.

Herwin sangat menaruh harapan besar terhadap komitmen Kapolres Banggai AKBP Ade Nuramdani bersama para petinggi parpol, yang baru-baru ini memberikan pembelajaran serta sosialisasi dari Bawaslu Banggai dalam rangka memperkecil ruang gerak bagi para caleg yang kerap berpikir pragmatis.

“Saya salut dengan komitmen itu. Semoga melalui komitmen bersama itu, dapat memperkecil ruang gerak para caleg pragmatis,” tegas Herwin Yatim. *

Baca: Pesan Politik Batia Sisilia Hadjar pada Konsolidasi Caleg NasDem Banggai