Advertisement

Banggai

Begini Pendapat Warga Istanbul Soal Olahan Lokal Banggai

304
×

Begini Pendapat Warga Istanbul Soal Olahan Lokal Banggai

Sebarkan artikel ini
Olahan lokal Kabupaten Banggai mendapat simpatik dari warga Istanbul pada pameran pasar senggol, 9 September 2023 pada kegiatan bertema Leading Asian Market in Turkey. (Foto: Istimewa)

Luwuk Times, Luwuk — Pemkab Banggai melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Banggai sukses mempromosikan olahan lokal Kabupaten Banggai di Istanbul Turki.

Melalui pameran pasar senggol, tanggal 9 September 2023 pada kegiatan bertema Leading Asian Market in Turkey tersebut, sejumlah menu olahan yang disajikan mendapat atensi besar.

Dinas Ketapang Banggai pun sukses membawa misi Banggai Culinary Food Production pada kegiatan berlavel internasional tersebut.

Kadis Ketapang Kabupaten Banggai, Alfian Djibran kepada Luwuk Times, Rabu (13/09/2023) tadi malam mengatakan, warga Istanbul tidak sebatas berbelanja terhadap olahan lokal Banggai.

Tapi mereka turut memberi pendapat terhadap produk anak Babasal tersebut.

“Warga Turkey turut berbelanja sekaligus memberikan kesan dan tanggapan terhadap produk yang kami pamerkan,” kata Alfian.

Diantaranya yang memberi apresiasi sebut Alfian adalah Emre Burkan.

Baca:  Sukseskan PSN, Pertanahan Banggai Terbitkan 3.400 Sertipikat Tanah Masyarakat

“Produk olahan Banggai sangat tampil beda. Baik dari kemasan maupun rasa, sehingga saya dan keluarga menyukai kopi Banggai,” kata Alfian mengutip respon Emre Burkan.

Warga Istanbul lainnya juga memberi apresiasi yang sama.

Huseyin Gozturk mengaku baru pertama kali ia melihat produk lokal dari Indonesia dalam hal Kabupaten Banggai.

Baginya tampilannya unik dan punya produk memudahkan konsumen mengerti dan memahami apa yang ditawarkan.

Alfian menambahkan, tak sekadar mengandalkan rasa. Produk olahan Banggai juga memantapkan dari segi kemasan, katalog, termasuk bahan olahan yang dijelaskan dalam Bahasa Inggris.

“Tentu saja rasa juga kami andalkan. Ini justru memudahkan mereka untuk tertarik membelinya,” ucap Alfian.

Ia mengaku, pameran yang dilaksanakan seharian, produk olahan Banggai termasuk salah satu yang tercepat terjual.

Baca:  Di Banggai Kantong Kemiskinan ada di Wilayah Dapil III
Olahan lokal Kabupaten Banggai mendapat simpatik dari warga Istanbul pada pameran pasar senggol, 9 September 2023 pada kegiatan bertema Leading Asian Market in Turkey. (Foto: Istimewa)

Hal ini merupakan lonjakan peningkatan yang sangat positif, sekaligus memotivasi para ibu-ibu sebagai pelaku usaha UMKM lebih bergairah dalam usaha mereka.

Dan sudah barang tentu sambung Alfian, Pemkab Banggai telah memfasiltasi dengan membuka jalan untuk perluas pasaran di tingkat dunia.

Ini tentu saja bukan tanpa alasan. Karena beberapa pelaku usaha di Turky dan pihak BUMN akan membuka ruang untuk kerjasama dengan Pemkab Banggai. Hal ini merupakan sesuatu yang kita harapkan bersama.

Yang pasti tekan Alfian, pihaknya akan terus berkreasi agar pangan olahan lokal yang ada tetap mendapat binaan. Sehingga meningkat produksinya dari kualitas maupun kuantitas. *

Baca: Dari Istanbul Turkey, Kuliner Olahan Lokal Kabupaten Banggai Mendunia