270 Kali Dibaca

Bulan Depan Rolling AKD, Fraksi PDIP Masih akan Mendominasi?

  • Bagikan
Rolling AKD
Logo PDIP

Reporter Sofyan Labolo

LUWUK— Tidak terasa usia para legislator lalong sudah berada pada pertengahan periodeisasi. Bulan , sebanyak 35 anggota sudah menjabat selama 2,5 tahun.

Berdasarkan tata tertib (tatib) dewan, pada pertengahan periode akan dilaksanakan rolling atau AKD.

Di DPRD Banggai ada enam AKD. Rinciannya, tiga komisi, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Badan Kehormatan (BK) dan Badan Musyawarah (Banmus).

Baca Juga:  Dana Bagi Hasil 191 Miliar Dipelototin, Desak Bentuk Pansus tak Digubris

Pada setengah periode pertama, unsur pimpinan AKD, tidak termasuk Banmus karena eksoposio diketuai langsung oleh , PDIP mendominasi pucuk pimpinan AKD.

Ada dua pimpinan AKD yang ketuanya berasal dari kader banteng moncong putih. Yakni Ketua Komisi 3 Fuad Muid dan Ketua BK I Putu Gumi.

Sementara jabatan Ketua Komisi 1 dihandel oleh Masnawati Muhammad dari Fraksi Partai Gerindra, Ketua Komisi 2 oleh dari Fraksi Partai NasDem serta oleh asal Fraksi .

Baca Juga:  Sukri Djalumang Serap Aspirasi Warga di 30 Desa dan 3 Kelurahan

Wajar saja jika PDIP mendominasi AKD. Karena partai ini mendominasi perolehan kursi DPRD Banggai. Sebanyak 10 kader banteng moncong putih duduk sebagai wakil rakyat periode 2019-2024.

Lahir pertanyaan kemudian, apakah F-PDIP masih akan kembali menguasai pimpinan AKD pada rolling bulan depan, pasca partai ini tak sukses pada Pilkada Banggai 2020? *

  • Bagikan
error: Content is protected !!