Banggai

Bupati Banggai Hadiri Pembukaan Pameran Infrastruktur dan Forum Smart City 2023 di Surabaya

1081
×

Bupati Banggai Hadiri Pembukaan Pameran Infrastruktur dan Forum Smart City 2023 di Surabaya

Sebarkan artikel ini
Editor: Sofyan Labolo Sumber Berita
Bupati Banggai Amirudin (kiri) pada pembukaan pameran infrastruktur dan Forum Smart City 2023 di Surabaya. (Foto: DKISP Banggai)

Luwuk Times— Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO menghadiri giat Pameran Infrastruktur dan Forum Smart City di Shangri-La Hotel Surabaya Jl. Mayjen Sungkono No.120, Kota Surabaya, pada Senin (12/6/2023).

Selain Bupati Banggai Amirudin, ikut juga pada kegiatan itu Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Banggai, Lesmana Kulap dan Kepala Bappeda Banggai Ramli Tongko.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tersebut mengusung tema “Mencerdaskan Kota dan Kabupaten untuk Indonesia Cerdas”.

Baca:  Evaluasi Seknas OGI Kunjungi Poskesdes Tontouan dan Puskesmas Kampung Baru Luwuk

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Ir. Mochamad Hadiyana, M.ENG., menjelaskan, program Smart City merupakan salah satu upaya untuk mendorong digitalisasi diberbagai sektor seluruh Kota/Kabupaten se-Indonesia.

Dia menuturkan, dengan menggunakan teknologi digital seperti kecerdasan buatan yang kita saksikan tadi pembukaan menggunakan AI, Internet of Things (IoT), Cloud Computing, dan Big Data program Smart City dapat memberikan solusi untuk berbagai tantangan perkotaan.

“Seperti kemacetan, polusi udara, kesehatan, pendidikan, dan pelayanan publik,” tambah Hadiyana.

Terdapat dua agenda besar dalam kegiatan ini.

Baca:  Ditjen Kemendikbudristik Pantau Penerapan Gerakan Transisi PAUD ke SD di Kabupaten Banggai

Pertama agenda yang dilakukan asesor terhadap penilaian smart city di Indonesia di acara tersebut, yang nantinya akan diumumkan di akhir tahun.

Kedua, berupa pameran berbagai macam infrastruktur terbarukan yang berkaitan dengan smart seperti infrastruktur teknologi untuk sektor kesehatan, transportasi dan sebagainya.

Ada sekitar 534 Kabupaten/Kota dan Provinsi di Indonesia yang diundang dalam Forum Smart City tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 12-14 Juni 2023. *

Tim Liputan DKISP Banggai

error: Content is protected !!