Empat Kali Pilkada Banggai, Dua Parpol Ini Sering belum Beruntung

oleh -819 Kali Dibaca
Ilustrasi

LUWUK, Luwuktimes.id – Kabupaten Banggai telah melaksanakan sebanyak empat kali pilkada langsung. Dimulai dari 2006, 2011, 2015 dan terakhir tahun ini.

Hanya ada dua konsekwensi dari sebuah kompetisi. Kalau bukan menang, yah tentu saja kalah. Di Kabupaten Banggai rupanya ada partai politik (parpol) yang langganan kalah dalam setiap hajatan pemilihan kepala dan wakil kepala daerah tersebut.

Sedikitnya ada dua parpol yang sering belum beruntung dalam kontestasi bergengsi di level daerah itu. Sebut saja PAN dan PKS.

Di DPRD Banggai, PAN dan PKS masuk kategori partai menengah. Kedua parpol ini sama-sama memiliki tiga kursi. PAN dan PKS pun memiliki satu fraksi di parlemen lalong.

Hanya saja eksistensi kedua partai ini di lembaga legislatif tidak seirama ketika mereka mengusung pasangan calon (paslon) di pilkada.

Di tahun 2006, PAN mengusung paslon Sri Lalusu-Amnan Hamzah. Tapi yang terpilih adalah Ma’mun Amir-Musdar M. Amin.

Baca juga: Ini Daftar Perolehan Suara Sah Pilkada Banggai di 23 Kecamatan

Di pilkada 2011, PKS menjagokan Ma’mun Amir-Faizal Mang. Namun pemenang pilkada kala itu adalah Sofhian Mile-Herwin Yatim.

Di pilkada 2015, baik PAN maupun PKS mengusung paslon diluar dari Herwin Yatim-Musta Labolo. Padahal paslon yang diusung PDIP dan Demokrat tersebut adalah the winnernya.

Sama halnya di pilkada 2020, PAN menjagokan paslon Sulianti Murad-Zainal Abidin Alihamu dan PKS mengusung Herwin Yatim-Mustar Labolo, tapi hasil pleno penetapan perolehan suara oleh KPU Banggai, memposisikan Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili pada peringkat nomor wahid.

Dibanding dua parpol tadi, PKB masih lebih beruntung. Sekalipun partai ini kalah di pilkada Banggai 2006, 2011 dan 2015, tapi PKB menang di pilkada 2020. Paling tidak telah mengobati luka sekaligus lepas dari penyebutan ‘panta putih’.

Sebenarnya, point PKB dalam pilkada sama dengan Partai Gerindra. Karena selama perhelatan pilkada Banggai, partai bentukan Prabowo Subianto ini hanya menang sekali, yakni di Pilkada 2011 yang saat itu mengusung Sofhian Mile dan Herwin Yatim alias Smile Win. *

(yan)

No More Posts Available.

No more pages to load.