Iklan

Parpol

Mengukur Kekuatan Parpol Lewat DCS Anggota DPRD Banggai di Pemilu 2024 (Bagian 3)

645
×

Mengukur Kekuatan Parpol Lewat DCS Anggota DPRD Banggai di Pemilu 2024 (Bagian 3)

Sebarkan artikel ini

Oleh: Sofyan Labolo

SEBANYAK 475 bakal calon legislatif (bacaleg) yang tersebar di 16 partai politik (parpol) telah diumumkan KPU Kabupaten Banggai, melalui daftar calon sementara (DCS) anggota DPRD Kabupaten Banggai.

Mereka akan berkompetisi merebut simpatik rakyat pada pemilu legislatif, yang akan berlangsung 14 Februari 2024 mendatang.

DCS berpotensi berubah. Karena masih ada satu tahapan lagi, yakni daftar calon tetap (DCT). Luwuk Times mencoba mengukur, kekuatan parpol lewat daftar calon yang telah diumumkan KPU Banggai tersebut.

8. PKS

Di Kabupaten Banggai, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), termasuk partai papan tengah. Selama beberapa kali perhelatan pemilu di daerah ini, PKS langganan dengan mengantongi 3 kursi di parlemen lalong (penyebutan DPRD Banggai).

Baca:  Bacaleg Golkar se Sulteng Kumpul di Palu, Irwanto Kulap: Insya Allah Kami Siap

Sempat terjadi dinamika di internal partai yang saat ini dipimpin politisi sekaligus da’i muda, Rahmat Ilahi Gufron ini.

Anggota DPRD Banggai PKS terkena sanksi pengganti antar waktu (PAW), menyusul ia hengkang ke partai politik baru.

Pada pemilu tahun depan, parpol bernomor urut 8 ini menurunkan lengkap jumlah bakal caleg nya di empat daerah pemilihan.

Di dapil 1 Banggai, Iswan Kurnia Hasan dilegitimasi mengantongi nomor urut 1. Selain mantan Ketua DPD PKS Banggai sekaligus mantan anggota DPRD Banggai periode 2019-2024, Iswan juga anggota DPRD PAW. Ia menggantikan Samiun Agi yang pindah ke parpol lain.

Ada empat keterwakilan perempuan yang dipasang PKS di dapil 9 kursi ini. Mereka adalah Minarni M. Asman, Laela Al Jufri, Siti Rusdiani dan Tina Mulyani.

Baca:  5 September, Mendagri Tito Karnavian Lantik 10 Penjabat Gubernur

Sementara ada lima bacaleg laki-laki. Selain Iswan Kurnia Hasan, Anggi Sadewa, Adhitya Lenon Badrin, Muh. Ihsan Tatu Lumpeng dan Abd. Rauf Lamidjang.

Di dapil 2 Banggai, PKS tak punya figur petahana. Itu setelah Nasir Himran (anggota DPRD Banggai 2 periode) menyatakan sikap tak maju lagi.

Berikut daftar bacaleg PKS di dapil yang menyiapkan 10 kursi. Zulfakar Ahmad, Abd. Jalal, Asrina Minggu, Suyono, Muh. Abdilla, Komariah, Rahmat Alapia, Indra Maulana A. Yasibang, Sri Ambarwati Kadir dan Fadli Umar.

Selama beberapa kali pemilu di Kabupaten Banggai, partai religi ini kesulitan mengirim kadernya yang duduk di DPRD Banggai melalui dapil 3 Banggai.

Baca:  Sophansyah Yunan tanpa Lawan, Muscab PPP Banggai Bakal Aklamasi

Itu karena, di dapil kepala burung ini, jumlah wajib pilih berimbang antara muslim dan nonmuslim.

Meski kompetitif, namun PKS tetap mendorong bacaleg nya dari dapil 4 kursi ini. Taufik Rahman, Arif Mapile, Nova Manjana dan Fitra Hariyanto diharapkan lewat kolaborasi mereka dapat membuahkan kursi.

Mursidin masih menjadi ‘gaco’ PKS di dapil 4 Banggai. Faktanya, ia masih bertahan pada nomor urut wahid di dapil 12 kursi tersebut.

Meski begitu, anggota DPRD Banggai yang menuju 3 periode di parlemen lalong ini, tidak bisa kerja sendiri. Ia harus mendapat backup dari 11 bacaleg lainnya.

Berikut ke 10 bacaleg PKS yang berada di bawah nomor urut Mursidin.

Bersambung ke halaman 2