Close ADS

Info Disdik

Bertabur Ragam Pakaian Tradisional pada Peringatan Hardiknas 2024 di Luwuk Banggai

141
×

Bertabur Ragam Pakaian Tradisional pada Peringatan Hardiknas 2024 di Luwuk Banggai

Sebarkan artikel ini
Peringatan Hardiknas 2024 di Luwuk Banggai

BANGGAI, Luwuktimes.id — Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, Kamis (02/05/2024).

Bertindak sebagai Pembina Upacara Wakil Bupati Banggai Drs. H. Furqanuddin Masulili.

Pada momen yang sama, Bupati Banggai bersama Kepala Disdikbud Syafrudin Hinelo menerima penghargaan Revitalisasi Bahasa daerah dari Mendikbud Ristek Dikti Nadiem makarim pada puncak Hardiknas di Jakarta.

Upacara ini begitu khidmat, terlihat menampilkan ratusan ragam pakaian tradisional suku, etnis dan budaya yang ada di Kabupaten Banggai.

Setelah pengibaran bendera Merah Putih, Wabup Banggai membacakan pidato Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nadiem Makarim.

Kata Menteri, kini kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi di sekitar kita, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan Gerakan Merdeka Belajar.

Baca:  Ketua Bawaslu RI Disambut Kasat Pol PP Disorot Mantan Panwaslu

Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas.

Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya.

Kita sudah menyaksikan lagi para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus.

Dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus hidup untuk berekspresi.

Pada pidato yang dibacakan Wabup Banggai, Menteri Nadiem Makarim berpesan pada akhir masa pengabdian sebagai menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi, bukanlah titik akhir dari gerakan Merdeka Belajar.

Baca:  Mendikbud Ristek Serahkan Penghargaan Kepada Bupati Banggai Amirudin

“Selamat Hari Pendidikan Nasional, mari terus bergotong-royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” tutup Wabup Banggai.

Peringatan Hardiknas juga dirangkaikan dengan Deklarasi Inovasi ADE Kembali Sekolah dan Stop Kekerasan di Sekolah, penyerahan bantuan dari PT. PAU dan DS LNG, serta penyerahan hadiah lomba olahraga tradisional dan pelepasan balon HUT Hardiknas. 

Upacara Hardiknas ini juga diperingati secara serentak oleh seluruh sekolah di Kabupaten Banggai. *

Baca: Festival Panen Hasil Belajar Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 di Banggai