Peran Karang Taruna di Mata Politisi PKB

oleh -378 Kali Dibaca

LUWUK, Luwuk Times.ID— Di mata anggota DPRD Banggai, Bachtiar Pasman, Karang Taruna Kabupaten Banggai memiliki peran yang besar dalam mengembangkan potensi pemuda yang ada di wilayah pedesaan. Apresiasi politisi PKB ini bukan tanpa alasan. Geliat agenda dari organisasi itu dilihatnya secara langsung di lapangan.

Kepada Luwuk Times, Kamis (11/02), Bachtiar menilai, banyak hal yang telah dilakukan Karang Taruna dalam mengembangkan hal-hal besar yang dimulai dari dari hal-hal kecil.

“Sebenarnya banyak hal yang dilakukan oleh karang taruna secara konkrit. Misalnya dibidang usaha ekonomi produktif (UEP). Dan ini kalau dilakukan maka salah satu cara untuk mengurangi pengangguran,” kata Om Tiar-sapaan anggota DPRD asal dapil I ini.

Respons pemerintah desa pun lahir. Itu tercermin lewat dukungan anggaran yang diberikan kepada Karang Taruna yang berada di desa itu sendiri.

“Saya apresiasi dengan Karang Taruna di era milineal saat ini. Memiliki banyak agenda positif. Karena kadangkala Karang Taruna di desa atau kelurahan, hanya sibuk saja, tidak jelas agenda yang dilakukan,” ucapnya.

Bachtiar mengaku, saat agenda kerja DPRD di Kecamatan Kintom, dirinya melihat langsung keaktifan Karang Taruna di wilayah itu.

Salah satunua di bidang olahraga. Karang Taruna di Kecamatan Kintom berperan aktif dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

Begitu pun kegiatan lain, sambung mantan pejabat birokrasi di lingkup Pemda Banggai ini, yakni budidaya ikan lele di desa Padang Manyula. Para pemuda disana berjibaku dalam membudidayakan ikan lele.

Hal ini tentu saja merupakan sumbangsih dari Karang Taruna terhadap pemerintah daerah. Sebab dengan sendirinya akan tercipta para pemuda handal generasi kedepan, sekaligus membantu mengatasi masaalah pengangguran.

Terhadap kiprah Karang Taruna itu sambung dia, sudah selayaknya tak sekadar diberikan apresiasi, tapi juga disokong dalam bentuk bantuan anggaran untuk pengembangan kearah yang lebih besar.

Dan kepada pemerintah daerah saran anggota Komisi 1 DPRD Banggai ini, segera inventarisir sejumlah potensi yang telah diusahakan oleh Karang Taruna atau pemuda untuk dapat lebih diberdayakan.

Terhadap dukungan moril Bachtiar Pasman, pengurus Karang Taruna Kabupaten Banggai, Aryati B. Laha memberi apresiasi.

“Terima kasih Om Tiar. Semoga respons positif yang diberikan tersebut, menambah motivasi kami untuk tetap eksis dengan setumpuk program kerja Karang Taruna kedepan,” kata Tati singkat. *

(yan)