IKLAN
Kriminal

Tangani 18 Kasus, Satgas TPPO Polda Sulteng Selamatkan 27 Korban

782
×

Tangani 18 Kasus, Satgas TPPO Polda Sulteng Selamatkan 27 Korban

Sebarkan artikel ini
Editor: Sofyan Labolo
Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol Djoko Wienartono. (Foto: Humas Polda Sulteng)

LUWUK TIMES— Satuan Tugas (Satgas) Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Polda Sulteng tercatat telah menangani 18 kasus. Dari belasan kasus itu, sebanyak 27 korban yang berhasil diselamatkan.

Capaian ini tentunya menjadi bagian dari prestasi. Sebab Satgas TPPO Polda Sulteng belum sebulan terbentuk, yakni 5 Juni 2023 lalu.

Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol Djoko Wienartono menjelaskan, Senin (19/6/2023), korban yang berhasil diselamatkan dari kasus TPPO ini sebanyak 27 orang itu terdiri dari perempuan dewasa 22 dan perempuan anak 5 orang.

Baca:  Polisi Bekuk Empat Pelaku Pengeroyokan di Taman Teluk Lalong Luwuk

Adapun modus kasus TPPO, kata Djoko, meliputi Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Pembantu Rumah Tangga (PRT) 5 kasus, Pekerja Seks Komersil (PSK) 9 kasus dan Eksploitasi anak 4 kasus.

Djoko juga merincikan tentang Satgas TPPO yang sudah melakukan pengungkapan kasus.

Yakni Satgas TPPO Polda Sulteng 7 kasus, Polresta Palu 2, Polres Donggala 1, Polres Morowali 1, Polres Bangkep 1, Polres Banggai 1 dan Polres Tolitoli 1 kasus.

Baca:  Kasat Intelkam Polres Banggai AKP Usman Sambut Kedatangan Supervisi Direktorat Intelkam Polda Sulteng

Selanjutnya Satgas TPPO Polres Morut 1 kasus, Polres Poso 1, Polres Parimo 1 dan TPPO Polres Sigi 1 kasus.

Pada kesempatan itu Djoko mengimbau kepada masyarakat untuk tak mudah tergiur dengan tawaran bekerja dengan gaji tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.

Ia meminta masyarakat memastikan apakah perusahaan penyalur tenaga kerja ini resmi, agar mendapatkan hak-hak perlindungan sosial, kesejahteraan dan hukum. * Hps

Kunjungi kami juga di GOOGLE NEWS

error: Content is protected !!