Advertisement

Balut

Menang Voting, Alwi Liwang Kembali Pimpin KONI Banggai Laut

538
×

Menang Voting, Alwi Liwang Kembali Pimpin KONI Banggai Laut

Sebarkan artikel ini
Alwi Liwang (kiri) kembali memimpin KONI Banggai Laut lewat Musorkab III KONI Kabupaten Banggai Laut.

Luwuktimes.id— Alwi Liwang SH, dipilih kembali sebagai Ketua Umum KONI Kabupaten Banggai Laut masa bakti 2024-2028.

Mantan anggota DPRD Kabupaten Banggai Laut ini dipilih berdasarkan Muyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI Banggai Laut, Jumat 9 Februari 2024 di Gedung Ali Hamid, Banggai.

Plt Ketua Umum KONI Bhair Samatan SFarm AIFO mengatakan, Musorkab ke-3 diikuti dua calon ketua umum yaitu Nurlan M Mataya dan Alwi Liwang SH.

Sementara pemegang suara sebanyak 15 anggota Pengkab Olahraga yang berhimpun KONI Banggai Laut.

“Pemilihan dilakukan berdasarkan voting. Hasilnya Alwi Liwang menang dengan suara terbanyak 10 suara sementara Nurlan 5 suara,” kata Bhair Samathan.

Terpilihnya Alwi Liwang mengakhiri tugas Plt Ketua Umum Banggai Laut yang di SK-kan sejak November 2023.

“Saya berharap dengan berakhirnya Musorkab, maka prestasi olahraga kedepan di Banggai Laut semakin bagus. KONI Banggai Laut mendapatkan dukungan semua pihak baik itu dukungan anggaran serta sarana prasarana untuk pembinaan atlet cabor di Banggai Laut,” ujar pemuda asli Banggai ini.

Baca:  Banggai Laut Akan Tampil dengan 10 Cabor di Porprov ke IX

Sementara itu Alwi Liwang yang dipercaya kedua kalinya memimpin Bangga Laut juga berpendapat sama, KONI Banggai laut membutuhkan dukungan sarpras mau anggaran.

Berdasarkan hasil Porprov 2022 di Luwuk, menunjukkan prestasi olahraga di Banggai Laut masih terbawah.

“Bagaimana mau prestasi anggaran 2021 persiapan Porprov itu tidak ada sama sekali sementara kita mau menghadapi Porprov 2022. Porprov 2022 baru dicairkan dengan anggaran yang ada saja kita berangkatkan semua cabor,” ujar Alwi.

Empat tahun kedepan, Alwi berharap dukungan stakeholder dari Bupati serta DPRD dan semua unsur membantu KONI Balut menghadapi Porprov 2026.

“Sarana prasaran penting untuk latihan atlet, GOR maupun lapangan itu juga harus diadakan serta anggaran pembinaan itu mesti disediakan tiap tahun. Soal besaran itu relatif sesuai kemampuan daerah,” ujar Alwi.

Baca:  Sekwan Bangkep Ditahan Polisi, Begini Reaksi Kuasa Hukumnya

Musorkab KONI Banggai Laut juga dihadiri Ketua Umum KONI Sulteng yang diwakilkan kepada Kepala Sekretariat KONI Sulteng Idrus Sahar Muhammad SAP MAP AIFO.

Dalam sambutannya Idrus mengatakan, era Ketum KONI Sulteng M Nizar Rahmatu Ssos AIFO berhasil mengembalikan harga diri olahraga Sulteng sebagai suatu kebanggan daerah.

Dibuktikan dengan berhasil mencatat sejarah rekor terbanyak atlet Sulteng yang akan mengikuti PON pada PON Papua 2024.

“Saya berpesan sebagai pesan Ketum KONI Sulteng, mari jadikan olahraga di Banggai Laut ini sebagai suatu kebanggaan harga diri dan martabat daerah. Gaungkan olahraga sebagai suatu kebanggaan, atlet adalah patriot yang membawa nama daerah maka harus didukung dan diberikan apresiasi yang layak,” katanya.

“Dan itu sudah kita buktikan peraih emas PON maupun SEA Games sampai Asian Games mendapatkan rumah yang layak dari Bapak Gubernur,” sambung Idrus. *